Welcome to blog Lulu' Mustafiyah

Jumat, 04 Mei 2018

Materi Akidah Akhlak Kelas 12 Bab 9


BAB IX

MENELADANI SIFAT UTAMA

IBNU RUSYD DAN MUHAMAD IQBAL


A.    PENDALAMAN MATERI


Selanjutnya kalian pelajari uraian berikut ini dan kalian kembangkan dengan mencari materi tambahan dari sumber belajar lainnya

IBNU RUSYD
1.      Sejarah Singkat Ibnu Rusyd
Nama lengkapnya Abu al walid bin Abu Qosim bin Abu al Walid Muhammad bin Ahmad bin Rusyd. Ibnu Rusyd dilahirkan pada tahun 520H atau 1126M di Kordoba (Spanyol). Ia berasal dari keluarga kaya, ayah dan kakeknya adalah seorang hakim yang terkenal pada masanya. Selain berasal dari keluarga yang terpandang, Ibnu Rusyd adalah seorang yang jenius.di dunia barat Ibnu Rusyd dikenal dengan nama Avveroes. 

Ibnu rusyd termasuk pemikir terbesar pada sejarah manusia. Pemikirannya sudah banyak mempengaruhi perkembangan roh kebebasan sebelum pada masa era kebangkitan eropa.

2.      Keteladanan Ibnu Rusyd
Keberadaan Ibnu Rusyd yang seorang dokter banyak kalangan yang tidak mengetahuinya. Seorang sejarawan ilmu yang bernama Sarton mengatakan bahwa ketenaran Ibnu Rusyd dalam filsafat hampir menutupi prestasi Ibnu Rusyd di dunia pendidikan. Padahal, dia adalah seorang dokter yang ternama pada masanya.

Meskipun berasal dari keluarga kaya dan terhormat, tidak menjadikan Ibnu Rusyd bermalas malasan. Beliau adalah seorang yang mencintai ilmu pengetahuan, cerdas dan selalu mempertahankan ketaatannya kepada Allah swt.

3.      Karya-karya Ibnu Rusyd
Ibnu Rusyd memiliki banyak karya. Karya-karya Ibnu Rusyd diantaranya adalah karya dibidang filsafat, kedokteran dan fiqih. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa Ibnu Rusyd adalah seorang dokter. Inu Rusyd menulis buku tentang kedokteran sebanyak dua puluh buku. Buku yang paling berharga adalah Al Kulliyat fi Ath Thabib, dalam buku tersebut beliau membicarakan tentang penyakit dan obatnya, pembedahan dan peredaran darah. Diantara karya-karya Ibnu Rusyd yang lain adalah Bidayat al Mujtahid, Kulliyat fi ath Thabib, Fisl al Maqoli fi ma Bain al Hikmah wa Asy-Syarikat.  Ibnu Rusyd juga memiliki dua warna filsafat, yaitu filsafat seperti pemahaman eropa dan filsafat tentang aqidah dan sikap keberagamaannya Ibnu Rusyd.

4.     Kisah akhir
Ibnu Rusyd wafat pada tahun 595 H (1198 M)

MUHAMMAD IQBAL
1.      Sejarah Singkat Muhammad Iqbal
Muhamad Iqbal dilahirkan di Sialkot, Punjab India pada tanggal 22 Februari, tahun 1873 (pendapat lain 1876). Beliau berasal dari keluarga yang secara status sosial berkategori sedang. Ayahnya pada mulanya adalah seorang pegawai, tetapi kemudia beralih menjadi seorang pedagang. Nenek moyang Muhammad Iqbal adalah orang-orang Brahmana Kasymir yang memeluk agama Islam tiga abad sebelum kelahiran Muhammad Iqbal. Keluarga dikenal memiliki rasa kejiwaan yang mistis dan rasa keagamaan yang angat dalam. Keadaan yang demikian sangat berpengaruh pada Muhammad Iqbal.

Pada mulanya Muhammad Iqbal mempelajari al Qur’an dari ayahnya Nur Muhammad, kemudian masuk Murry College, salah satu guru Muhammad Iqbal adalah Mir Hasan, seorang guru besar sastra. Dialah yang sangat mempengaruhi kemampuan Muhammad Iqbal, karena sejak saat itu, beliau benyak mengubah syair-syair. Sedangkan guru Muhammad Iqbal dalam bidang sejarah an filsafat adalah Sir Thomas Arnold.

2.      Keteladanan Muhammad Iqbal
Selain kompeten dalam pengembangan ilmu pengetahuan, Muhammad Iqbal juga terlibat dalam kehidupan berpolitik. Beliau pernah terpilih menjadi ketua la liga. Walaupun demikian, kesetiaannya kepada ilmu pengetahuan tetap berjalan harmonis.

 




KESIMPULAN

1.      Ibnu Rusyd selain dikenal sebagai tokoh filsafat, beliau juga termasuk dokter yang handal pada masanya, dibuktikan dengan karya-karyanya pada bidang kedokteran
2.      Muhammad Iqbal adalah tokoh pejuang ilmu pengetahuan yang berjuang melalui kesastraan.
3.      Selain dikenal sebagai tokoh dalam filsafat dan sastra Muhammad Iqbal adalah seorang politikus yang handal
Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal adalah dua pribadi yang sama-sama memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.



Sumber: Buku Ajar Akidah Akhlak MA kelas XII K13 Kementrian Agama  Tahun 2016 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar